Hidup Adalah Perjuangan yang Harus Di Menangkan

by - Juni 10, 2020

berdoa



Selama dua tahun belakangan ini, aku sering memikirkan tentang bagaimana aku hidup apa saja yang sudah kulakukan selama hidup lalu untuk siapa aku hidup ?

Pertanyaan sulit yang hingga detik inipun sulit aku temukan jawabannya.
Bahkan aku belum menemukan jawabannya di bangku sekolah selama 20 tahun.
Jawaban itu semua harus kudapatkan dengan susah payah setelah dewasa. Sebenarnya itu hal yang mudah bagi siapa saja yang sudah tahu tujuan hidupnya untuk apa. Namun buat aku yang selalu mencoba, gagal, lalu mencoba lagi adalah hal sulit. Ini lebih sulit dibandingkan dengan pertanyaan dosen penguji saat skripsi. Sama sekali tidak bisa dibandingkan.

Baru kemarin malam sepertinya aku hampir menemukan jawabannya

Hidup adalah perjuangan, hidup adalah sebuah proses yang berkepanjangan. Jangan berhenti karena lelah, tapi berhenti ketika sudah selesai. Selama masih hidup, perjuangan akan selalu ada. Orang - orang yang tidak mau berjuang selama masih hidup, maka tak selayaknya orang ini disebut masih hidup.


Ada beberapa orang yang hidupnya digunakan untuk berjuang demi negaranya, ada juga beberapa lainnya yang mendedikasikan hidupnya untuk kaum atau umatnya, ada lagi yang hidupnya adalah memperjuangkan keluarganya. Sementara aku yang hanya berjuang untuk hidupku sendiri, kadang masih sering mengeluh bahwa hidup terlalu berat. Setelah ku renungkan lagi, aku mengeluh bukan terlalu berat tapi hidupku bukanlah yang seperti aku ingini dan sungguh membosankan berjuang untuk diri sendiri.

Lima tahun ini, aku sibuk berpikir dan mencoba berbagai jenis pekerjaan di beberapa perusahaan juga startup yang berbeda. Tujuanku adalahuntuk mencari tahu bagaimana seharusnya aku menjalani hidup sebagai orang dewasa. Nyatanya ini sulit, benar kata bapakku. Hidup semakin lama semakin sulit, maka dari itu harus selalu mendekatkan diri kepada Allah supaya dikuatkan sehingga menjadi lebih mudah.

Lima tahun ini, aku belum merasa benar - benar bahagia dengan pekerjaan yang aku jalani. Terlebih di tahun akhir tahun 2018 hingga akhir 2019. Kurasa itu adalah tahun yang memberiku banyak pelajaran. Apapun yang terjadi dan inti dari hidup ini adalah harus terus berjuang dan harus menang. 

Sebagai manusia, diberi fisik dan pikiran yang sempurna. Semua hanya tingal aku olah sesuai ilmu yang selama ini sudah aku dapatkan baik di bangku formal maupun non formal. Aku sungguh rindu, berkelana di alam bebas. Aku sungguh ingin bertemu dengan beberapa orang ditempat baru dan berbagai banyak hal. 

Jika itu adalah tujuan hidupku selanjutnya, maka aku akan berjuang untuk memenangkannya. Setelah itu, aku akan berjuang lagi untuk membahagiakan keluargaku. Sejujurnya aku sejak kecil berkeinginan untuk mengabdi pada negara, entah menjadi tentara atau menjadi abdi negara. Dan hal itu kurasa mustahil karena fisikku yang kurang sesuai persyaratan, namun aku salah. Itu hanya alasanku untuk tidak mau berjuang dan aku telah melakukan kesalahan besar karena mencari alasan seperti itu. Di dunia ini semua menjadi mungkin ketika ada niat, diperjuangkan, dan berdoa. 

Jadi aku tidak akan melakukan kesalahan yang sama di kehidupanku mendatang, menyesal sangatlah tidak enak. Aku akan berlatih, berjuang, dan berdoa untuk memenangkan kehidupan ini meski saat ini hanya demi diriku sendiri. Setidaknya, aku adalah manusia yang apabila tidak bisa bermanfaat untuk orang lain maka aku tidak boleh menyusahkan orang lain. Karena setiap orang sudah memiliki bebannya sendiri. 

You May Also Like

0 Comments