Pra Kerja dari Sudut Pandang Pribadi

by - September 29, 2020



Heran deh banyak banget yang pamer kekayaan tapi ga malu buat ikutan prakerja.

Mampu beli tas harga >500rb dan bilangnya kan ini pemerintah ngasih uang secara cuma - cuma ya kenapa engak di manfaatin. 


Bener juga sih statementnya mereka tapi mirisnya kenapa ga sadar diri gitu lo kalau seharusnya itu bukan haknya dia. Prakerja ditujukan buat siapa dan untuk apa. Nah si orang seperti itu enga salah juga yang salah siapa ? ya sistemnya lah kenapa filternya enga bisa milih dan ngefilter kalo ni orang cocok buat dapetin dana prakerja atau engak.  Tapii mau bikin sistem se kompleks itu juga ga murah dan susah. Buat yang pernah ikut tender pemerintah udah pasti tau gimana ribetnya ngurusin beginian.


Jujur akupun sempet kepikiran buat ikutan prakerja karena ngerasa gaji <UMR dan lumayan lah dapet 600rb. 


Terus kalau lolos uangnya bisa aku kasih ke orang yang membutuhkan soalnya aku sering banget liat orang dijalan yang mohon maaf tidur sampe malem di trotoar jalan kan bisa buat beliin baju atau selimut kalau malem karena kalo ngandelin gaji aku belum bisa ngasih semua itu palingan bisa berbagi nasi bungkus saja.


Tapi dalam hati lainnya, apa yakin gak tergiur kalo udah megang uang pasti rasa egois muncul dan pengen ini itu buat di makan sendiri. 


Dilema sempat terjadi dan akhirnya aku memilih untuk tidak ikut dan tidak cari informasi terkait prakerja karena semakin tau informasinya semakin ingin mendaftarkan diri.


Dan ketika aku tau ada orang yang abis update story naik mobil, tas mewah, hp iphone terus di next story update berhasil lolos seleksi prakerja. Kok aku tratapan dewe. Dan overthinking kenapa ni orang ga malu buat ambil jatah orang lain. Bisa jadi diluar sana ada adek - adek yang baru lulus SMA pengen ikut pelatihannya biar bisa upgrading skill malah ga dapet karena udah doi embat.


Pikiranku terlalu jauh yang sebenarnya bukan ranahku. Ini ga baik buat kesehatan tapi aku pengen gitu lo ngungkapin sambatanku ini. Sebagai orang biasa, dan tak ada maksud ya cuma sambat dan heran aja. 


You May Also Like

0 Comments